Halaman

Sabtu, 11 November 2017

Sistem pengapian DLI (Distributor Less Ignition)

Artinya sistem pengapian tanpa melibatkan distributor, merupakan sistem pengapian yang telah terkontrol oleh computer, pada sistem ini telah menggunakan EFI. Pengontrolan pengapian dilakukan oleh electronic control unit (ECU), dengan menghilangkan distributor maka akan meningkatkan relibilitas system pengapian dengan mengurangi sejumlah komponen mekanik, prinsip kerja DLI sama dengan pengapian konvensional.
perbedaan utama pada sistem pengapian konvensional dan DLI adalah media pemutusan arus. pada sistem pengapian konvensional, pemutusan arus dilakukan oleh platina pada sudut tertentu. sedangkan pada sistem pengapian DLI media pemutusan arus dilakukan oleh igniter pada coil pack atas perintah ECM dengan bantuan beberapa sensor.
Keuntungan ;
·         Karena tidak menggunakan platina, maka pada DLI tidak memerlukan penyetelan.
·         Efisiensi juga baik
·         Pembakaran lebih akurat
·         Jarang menimbulkan masalah
Kekurangan ;
·         Melibatkan rangkaian elektronik rumit
·         Walaupun jarang bermasalah, sekali bermasalah butuh scanner untuk mendeteksi
·         Harga komponen relatif mahal
Pada umumnya DLI bekerja dengan mengganti fungsi distributor dan platina pada mesin konvensional menggunakan komponen elektronik. Sehingga keduanya memiliki prinsip yang sama namun, pada DLI penyaluran bunga api berlangsung secara elektrik.
Pada saat kontak di posisi ON  battery mensuplai arus ke ECM dan Coil pack, sehingga terdapat arus stand by di coil sekunder. Ckp akan mengirimkan data RPM mesin, sedangkan CMP mengirimkan data posisi top silinder satu.

Sinyal kemudian dikirim ke ECM untuk dikelola bersama data-data dari sensor lain untuk menentukan timing pengapian sesuai kondisi mesin. Hasil output dari ECM berupa sinyal tegangan yang dikirim ke ICM. Sedangkan pada pengapian konvensional platina akan memutuskan arus primer saat posisi top. Tapi pada DLI, ECM yang akan memutuskan arus primer saat posisi top. Tegangan coil sekunder di salurkan ke spark plug untuk pemercikan api di masing-masing silinder, tedapat dua tipe rangkaian yang umum digunakan pada mobil yaitu dual coil pack dan single coil pack.

1 komentar: