Sebenarnya bukanlah sebagai pendingin mesin utama, namun
sangat berguna untuk tetap menjaga kondisi mesin tetap pada suhu kerja idealnya.
Sistem pendingin oli secara mendasar berfungsi mendinginkan oli pelumas mesin agar suhunya tetap terjaga sehingga kekentalannya tetap dapat melumasi mesin sebagaimana mestinya.
Karena oli berfungsi melumasi area gesek dari komponen mesin, seperti poros engkol, piston dan silinder, maka oli juga berpotensi menjadi panas. Oli yang panas, viskositasnya akan berubah menjadi lebih encer sehingga kemampuannya melumasi mesin menjadi kurang maksimal.
Untuk itu, oli pada mesin perlu didinginkan dengan sistem pendingin oli yang secara konstruksi hampir mirip dengan sistem pendingin air. Dengan menggunakan radiator yang biasanya berukuran lebih kecil dari radiator pendingin air.
Sistem pendingin oli dapat ditemukan pada motor Satria FU, namun pada blok mesinnya tetap mengandalkan sirip pendingin udara sebagai pelepas panas yang dihasilkan blok mesin.
Sistem pendingin oli dapat berfungsi sebagai pendukung sistem pendingin utama (sistem pendingi air / udara) untuk menjaga suhu mesin tetap optimal. Ketika suhu oli tetap terjaga secara tidak langsung suhu mesin juga tetap terkondisikan dengan baik karena oli yang kembali ke mesin dalam kondisi dingin yang otomatis akan membantu mendinginkan area mesin yang dilewatinya.
Sistem pendingin oli secara mendasar berfungsi mendinginkan oli pelumas mesin agar suhunya tetap terjaga sehingga kekentalannya tetap dapat melumasi mesin sebagaimana mestinya.
Karena oli berfungsi melumasi area gesek dari komponen mesin, seperti poros engkol, piston dan silinder, maka oli juga berpotensi menjadi panas. Oli yang panas, viskositasnya akan berubah menjadi lebih encer sehingga kemampuannya melumasi mesin menjadi kurang maksimal.
Untuk itu, oli pada mesin perlu didinginkan dengan sistem pendingin oli yang secara konstruksi hampir mirip dengan sistem pendingin air. Dengan menggunakan radiator yang biasanya berukuran lebih kecil dari radiator pendingin air.
Sistem pendingin oli dapat ditemukan pada motor Satria FU, namun pada blok mesinnya tetap mengandalkan sirip pendingin udara sebagai pelepas panas yang dihasilkan blok mesin.
Sistem pendingin oli dapat berfungsi sebagai pendukung sistem pendingin utama (sistem pendingi air / udara) untuk menjaga suhu mesin tetap optimal. Ketika suhu oli tetap terjaga secara tidak langsung suhu mesin juga tetap terkondisikan dengan baik karena oli yang kembali ke mesin dalam kondisi dingin yang otomatis akan membantu mendinginkan area mesin yang dilewatinya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar