Halaman

Minggu, 12 November 2017

Mesin Bubut CNC TU2A dan prinsip kerja mesin bubut CNC TU2A

Mesin  Bubut  CNC  TU-2A  adalah  mesin  bubut  CNC  yang  digunakan  dalam  pelatihan-pelatihan permesinan. Salah  satu  yang  sering  digunakan  adalah  Emco TU-2A buatan Emco Austria,berupa  mesin  perkakas  CNC  untuk  simulasi  proses pembubutan.


Prinsip  Kerja  Mesin  Bubut  CNC TU 2A

Mesin CNC TU 2A mempunyai prinsip gerakan dasar seperti halnya mesin bubut konvensional yaitu gerakan dasar ke arah melintang dan horizontal dengan system koordinat sumbu x dan sumbu z. prinsip kerja bubut CNC TU 2A adalah benda kerja terpasang pada chuck berputar searah alat potong. Untuk arah gerakan pada mesin bubut di beri lambang sebagai berikut :
  • Sumbu x untuk daerah gerakan melintang, arah tegak lurus terhadap sumbu
  • Sumbu Z untuk daerah gerakan memanjang, arah sejajar terhadap sumbu putar.

Mesin  bubut CNC TU 2A secara garis besar dapat digolongkan  menjadi dua sebagai berikut:
1.      Mesin bubut CNC Training Unit (CNC TU ).
2.      Mesin bubut CNC Production Unit ( CNC PU ).
Kedua mesin tersebut mempunyai prinsip kerja yang sama, tetapi yang membedakan kedua tipe mesin tersebut adalah penggunaanya dilapangan, CNC TU  digunakan untuk pelatihan dasar pemrograman dan pengoperasian CNC yang dilengkapi dengan EPS (external programming system). Mesin CNC jenis Training Unithanya mampu dipergunakan untuk pekerjaan ringan dengan bahan yang relative lunak. Sedangkan mesin  CNC PU  dipergunakan untuk produksi massal. Mesin ini dilengkapi  dengan assesoris  tambahan seperti sistem pembuka otomatis yang menerapkan prinsip kerja hidrolik, pembuangan total dll. Gerakan  mesin bubut CNC dikontrol oleh computer, sehingga semua gerakan yang berjalan sesuai dengan program yang diberikan, keuntungan dari sistem ini adalah memungkinkan mesin untuk diperintah mengulang gerakan yang sama secara terus menerus dengan tingkat ketelitian yang sama pula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar