Halaman

Minggu, 12 November 2017

Bagian – Bagian Dari Mesin CNC TU2A

1.    Motor Utama
Motor  utama adalah  motor  penggerak  cekam  untuk  benda kerja. Motor ini adalah  jenis  motor  arus  searah  DC   (Direct Current) dengan  kecepatan putaran  yang  variable. Adapun  data  teknis  motor  sebagai  berikut:
v  Jenjang  putaran  600-4.000 rpm
Power  Input 500 watt

Power  output 300 watt

1.    Eretan / Support

Eretan digunakan untuk dudukan rumah pahat dan menentukan arah gerakan penyayatan.Arah gerakan penyayatan gerakan dapat sejajar, tegak lurus atau miring terhadap sumbu utama. Arah gerakan penyayatan pada mesin bubut CNC TU - 2A merupakan gerak persumbuan  jalannya  mesin  yang  diberi  lambang  sebagai  berikut :
1.      Eretan  gerakan  memanjang  sejajar  sumbu  utama  diberi  lambang Z, dengan jarak lintasan 0 - 300 mm.
2.      Eretan gerakan melintang tegak lurus sumbu utama diberi lambang X, dengan jarak lintasan 0 - 50 mm.
3.    Step Motor
Step motor berfungsi untuk menggerakkan eretan,yaitu gerakan sumbu X dan gerakan sumbu Z. Tiap – tiap eretan memiliki step motor sendiri – sendiri, adapun data teknis motor sebagai berikut :
ü  Jumlah putaran 72 mm/menit.
ü  Momen putar 0,5 Nm

4.    Rumah Alat Potong (revolver/toolturret)
Rumah alat potong  berfungsi sebagai penjepit alat potong pada saat proses pengerjaan benda kerja. Adapun alat yang digunakan di sebut revolver atau toolturret, revolver digerakkan oleh step motor sehingga bisa digerakkan secara manual maupun terprogram. Pada revolver bisa dipasang enam alat potong sekaligus yang terbagi menjadi dua bagian berikut :
v  Tiga tempat untuk jenis alat potong luar dengan ukuran 12 x 12mm, missal pahat kanan luar, pahat potong, pahat ulir dll.
dalam dengan maksimum diameter 8mm, misal : pahat kanan dalam, bor, center driil, pahat ulir dalam dll.

5.    Cekam
Cekam pada mesin bubut berfungsi untuk menjepit benda kerja pada saat proses penyayatan berlangsung. Kecepatan spindle mesin bubut ini diatur menggunakan transmisi sabuk. Pada system transmisi sabuk dibagi menjadi enam transmisi penggerak.
6.    Meja Mesin
Meja mesin atau sliding bed sangat mempengaruhi baik buruknya hasil pekerjaan menggunakan mesin bubut ini, hal ini dikarenakan gerakan memanjang eretan (gerakan sumbu z) tertumpu pada kondisi sliding bed ini. Jika kondisi sliding bed sudah aus atau cacat bisa dipastikan hasil pembubutan menggunakan mesin ini tidak akan maksimal, bahkan benda juga berlaku apda mesin bubut konvensional.

7.    Kepala Lepas
Kepala lepas berfungsi sebagai tempat pemasangan center putar pada saat proses pembubutan benda kerja yang relative panjang. Padakepal lepas ini bisa dipasang pencekam bor, dengan diameter mata bor maksimum 8mm. untuk mata bor dengan diameter lebih dari 8mm, ekor mata bor harus memenuhi syarat ketirusan MT1.

8. Bagian Terkendali/Control
Bagian pengendali/control merupakan bok control mesin CNC  yang berisikan tombol -tombol dan saklar serta dilengkapi dengan monitor. Pada bok control merupakan unsure layanan langsung yang berhubungan dengan operator. Gamabar berikut menunjukan secara visual dengan nama-nama bagian sebagai berikut :

9. Tool Turet
Tool turet berfungsi untuk menggerakkan revolver atau digerakkan oleh step motor sehingga bisa digerakkan secara manual maupun terprogram. Pada revolver bisa dipasang enam alat potong sekaligus yang terbagi menjadi dua bagian 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar